Saturday 22 November 2014

PEMUDA : PENENTU SEJARAH BANGSA (3)

Cakrawala Juang Pemuda Indonesia
“Koridor dan Potensi Kedigdayaan Bangsa”



Cakrawala Juang Pemuda Indonesia telah terbentang sangat terang benderang, sejak jaman tradisional Kerajaan Majapahit hingga Indonesia modern, yang membutuhkan Reformasi dan Demokratisasi, yang diperjuangkan mahasiswa dan pemuda pada tahun 1998.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia adalah pertautan dan pertalian kesejarahan yang berkesinambungan yang mesti dipahami, disadari serta diamalkan pemuda dari masa ke masa.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia adalah keterpanggilan tugas dan tanggungjawab untuk senantiasa menjadi subjek sejarah yang dapat menghantar rakyat dan bangsa menuju “Kedigdayaan” seperti yang diperlihatkan Patih Gajah Mada, dengan emporium Kerajaan Majapahitnya yang menjadi landasan bangsa dan Negara modern Indonesia yang diperjuangkan generasi 1928 dan 1945.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia adalah kedudukan, kiprah dan keberanian tampil menjadi pelopor pergerakan dan perjuangan di tanah air Indonesia agar segenap rakyat, bangsa dan negaranya senantiasa solid dan sinergis dalam membangun kemajemukan menuju kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, kedamaian, kemerdekaan yang bermartabat dan serta membawa maslahat bagi umat manusia di dunia.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia masa kini hingga ke depan adalah keterpanggilan sejarah untuk memperjuangkan pertalian dan kesinambungan cita-cita dan tujuan luhur Sumpah Pemuda, Proklamasi, Reformasi dan Demokratisasi yang masih jauh dari harapan dan kenyataan.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia masa kini adalah segera memacu pecepatan, perkuatan dan perluasan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, kesetaraan dan kemaslahatan rakyat, bangsa dan Negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tidak terjebak dalam primordialisme dan sektarianisme yang dangkal.
Cakrawala Juang Pemuda Indonesia adalah mengembangkan kemajemukan rakyat menuju bangsa dan Negara Indonesia yang Digdaya memiliki harkat dan martabat tinggi di antara bangsa-bangsa lain di dunia sebagaimana yang telah diperlihatkan pada masa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit jauh di masa lalu.

No comments:

Post a Comment